Cegah Penyeludupan, Bakamla RI Pemeriksa 29 Kapal Pelintas di Perairan Sulawesi

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Cegah Penyeludupan, Bakamla RI Pemeriksa 29 Kapal Pelintas di Perairan Sulawesi

NEWS POST
Rabu, 01 Januari 2020

PASUNDAN POST ■ Operasi Keamanan dan Keselamatan Laut (Kamlamla) Terpusat IX/19 yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Tengah Laksma Bakamla Drs. Leonidas Braksan, M.M., di wilayah perairan Sulawesi sepanjang bulan Desember 2019 telah melaksanakan pemeriksaan terhadap 29 kapal, pada Rabu (1/1/19).

Laksma Leonidas mengatakan Operasi  Kamlamla Terpusat IX/19 sepanjang bulan Desember 2019 merupakan operasi keamanan dan keselamatan laut yang digelar di seluruh wilayah kerja Zona Maritim Tengah, khususnya difokuskan di Perairan Sulawesi Utara  dan sekitarnya, mengingat wilayah Perairan Sulawesi merupakan pelintasan kapal di ALKI II maupun ALKI III.

Selain itu, merupakan wilayah perbatasan dengan Philipina yang rawan masuknya penyelundupan senjata api dan bahan peledak termasuk masuknya orang asing dari Philipina serta Sulawesi merupakan daerah destinasi wisata yang perlu mendapatkan perhatian khusus dalam keselamatan dilaut.

Laksma Leonidas menambahkan untuk itu Operasi Kamlamla Terpusat IX/19 berupaya menciptakan suasana yang kondusif rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pengguna laut, mencegah kemungkinan tindakan terorisme yang datang dari laut, penyelundupan narkoba, penyelundupan miras dan keselamatan pelayaran.

Operasi Kamlamla Terpusat IX/19 Zona Maritim Tengah, unsur yang dilibatkan yaitu KN Singa Laut-402, KN Gajah Laut-404 dan Catamaran-506.

■ R-01/HBKL