Panwascam Pacet Resmi Lantik 7 Pangawas Kelurahan Desa

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Panwascam Pacet Resmi Lantik 7 Pangawas Kelurahan Desa

NEWS POST
Sabtu, 14 Maret 2020

NEWS POST ■ Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pacet resmi melantik 7 orang Pengawas Kelurahan Desa (PKD) se Kecamatan Pacet, di wisma sinarkasih, pada Jum,at (13/3/2020).

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah disaksikan oleh perwakilan dari Kepolisian Sektor (Polsek) Pacet serta dari unsur musyawarah pimpinan kecamatan (Muspika) Pacet.

Ketua Panwascam Pacet M.Farhan Ridwan mengatakan, berdasarkan penelitian administrasi peserta pendaftar calon Panwaslu Kelurahan atau Desa yang terjaring ada 18 orang calon. Sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan oleh Panwascam tentang rekruitmen PKD.

"Namun berdasarkan rapat pleno dan berita acara dengan nomor:07/BAWASLUJB.06.10/KP.01.00/III/2020, maka peserta pendaftar calon Panwaslu kelurahan atau Desa yang terjaring hanya 7 orang," tuturnya saat dikonfirmasi.

Menurutnya, ketujuh PKD tersebut masing bernama Misbahudin, Jajang Salim Hamzah, Ari Nugraha, Esep Lalan Zaelani, Irfan Mahmud Awaludin, Abdul An'f Hakim dan Agus Wahyudi.

"Mereka akan kita tugaskan untuk mengawasi wilayah Desa Ciputri, Desa Ciherang, Desa Cipendawa, Desa Sukatani, Desa Gadog, Desa Cibodas dan Desa Sukanagalih," terangnya.

Farhan menambahkan, setelah dilakukan sumpah jabatan saat ini ke 7 peserta Panwas Desa Kelurahan tersebut langsung dilakukan kegiatan bimbingan tekhnis (Bimtek). Dengan tujuan agar lebih memahami lagi tentang tugas pokok menjadi seorang PKD.

Menurutnya, adapun materi yang diberikan kepada 7 peserta yakni terkait metode pengawasan, tentang tugas wewenang seorang Kepala Desa, terkait penanganan pelanggaran dilapangan.

"Kewenangannya semua ada disini, secara pelanggaran administrasi pada sengketa penyelesaian.Jadi materi itu kita berikan kepada mereka supaya mereka bisa memahami tupoksinya," paparnya.

Farhan meminta semua anggota Panwas mengawasi, serta menjaga netralitas selama pelaksanaan Pilkada 2020, sehingga tercipta pemilu kepala daerah yang jujur dan adil.

"Apalagi letak geografis wilayah Kecamatan Pacet ini berada di Jalur utama sehingga pastinya akan banyak kegiatan kegiatan kampanye dari pasangan calon, kepala daerah," pungkasnya.

Deddy/PP