MUI Himbau Masyarakat Muslim Shalat Tarawih Dirumah Saja

Iklan Semua Halaman

Header Menu

MUI Himbau Masyarakat Muslim Shalat Tarawih Dirumah Saja

NEWS POST
Kamis, 23 April 2020

NEWS POST ■ Memasuki bulan suci Ramadhan 1441 H yang jatuh pada Jumat 24 April 2020, masyarakat dihimbau agar ikut mencegah penyebaran virus corona dengan beribadah dirumah saja.

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga mengajak kepada masyarakat agar menyesuaikan kegiatan ibadah di masjid saat bulan Ramadan digeser agar dilakukan di rumah masing-masing, apalagi bagi mereka yang tinggal diwilayah terdampak covid-19.

Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Ni'am Sholeh mengatakan, di tengah pandemi Corona yang melanda Indonesia masyarakat harus mengubah kebiasaan baru. Termasuk beribadah dengan menyesuaikan diri saat pandemi.

"Mari kita jadikan rumah sebagai tempat ibadah, ibadah mahdhah, dan juga ibadah ghairu mahdhah," kata Asrorun.

"Kebiasaan ibadah di masjid dan musholah saat tarawih, yang biasanya kita laksanakan, kita syiarkan dengan berbagai aktivitas keagamaan, mari kita geser itu ke kediaman masing-masing," imbuhnya.

Asrorun menilai, adanya pergeseran ibadah yang biasanya dilakukan di Masjid saat bulan Ramadhan dipindahkan ke rumah sama sekali tak akan mengurangi nilai ketaatan.

"Bahkan Rasulullah SAW, di dalam hadits sahih yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan juga Imam Muslim menegaskan, ijaalu fii buyutikum min salatikum wala taktakdzuha kuburo, pastikan bahwa rumah-rumah kita diterangi dengan aktivitas shalat dan juga tilawah," ungkapnya.