Kapolda Sulsel Ikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020 secara virtual

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Kapolda Sulsel Ikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020 secara virtual

NEWS POST
Kamis, 01 Oktober 2020

NEWS POST■ Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan Irjen. Pol. Drs. Merdisyam, M.Si., mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020 secara virtual di Baruga Lounge Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Kamis (1/10/2020)  pukul 09.00 wita.

Turut hadir dalam Pelaksanaan Upacara tersebut, Pangdam XIV Hasanuddin, Danlantamal VI Makassar, Kepala Kejaksaan Tinggi, Ketua DPRD Sulsel dan Ketua Pengadilan Tinggi. Sedangkan Gubernur Sulsel mengikuti upacara virtual bertempat di Toraja Utara.

Upacara hari Kesaktian Pancasila ini merupakan gelaran saban tahun untuk memperingati momen peristiwa G30S yang menewaskan para jenderal pada 1965 silam. Tujuh martir tersebut kemudian disematkan gelar Pahlawan Revolusi.
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) selaku Inspektur peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2020 di Monumen Pancasila Sakti, Kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur. Upacara dihadiri secara virtual oleh pejabat publik lainnya.

Adapun teks Pancasila dibacakan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, 
teks Pembukaan Undang Undang Dasar 1945 dibacakan Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti.

Sementara Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan dan menandatangani Ikrar. Terakhir, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy membacakan doa.

Seluruh pejabat yang hadir dan anggota yang bertugas memakai masker lengkap. Mereka juga menjaga jarak serta melaksanakan protokol kesehatan.
Upacara peringatan kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

Meski tidak semua peserta upacara bisa hadir secara fisik. Namun, mereka tetap bisa mengikuti upacara secara virtual dan upacara tetap bisa berlangsung secara khidmat.

Iccank