Tudang Sipulung Sambut Musim Tanam di Kelurahan Arateng Dihadiri Kapolsek Tellu Limpoe

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Tudang Sipulung Sambut Musim Tanam di Kelurahan Arateng Dihadiri Kapolsek Tellu Limpoe

NEWS POST
Rabu, 21 Oktober 2020

NEWS POST■ Dalam rangka menyambut Musim tanam 2020 khususnya kelompok tani yang tergabung dalam kelompok Tani Sappae,telah dilakukan acara tudang sipulung (Duduk Bersama) yang bertempat di sanggar tani Sappae kelurahan Arateng kecamatan Tellu Limpoe kabupaten Sidrap,Sulsel.Rabu (21/10/2020)

Kegiatan tudang sipulung ini merupakan adat kebiasaan warga sebelum turun ke sawah yang sangat berhubungan dengan kepekaan Alam.

Acara dibuka oleh Penyuluh Pertanian yang kemudian dilanjutkan sambutan oleh camat Tellu Limpoe Andi Mauraga S.Ip.

Dalam sambutannya Andi Mauraga sampaikan beberapa hal yang perlu dibicarakan terutama masalah Pupuk yang dianggap sangat penting keberadaannya bila sudah bertanam.

"keberadaan stok pupuk harus dimaksimalkan,jangan sampai pupuk sudah dibutuhkan justru malah hilang atau kurang".Ungkap camat Tellu Limpoe.

Andi Mauraga pun berharap kepada Masyarakat Petani agar betul2 mempedomani petunjuk yang dikeluarkan nantinya oleh BPP Tellu Limpoe setelah Tudang Sipulung di Tingkat Kabupaten sidrap.
Giat ini ikut dihadiri Kapolsek Tellu Limpoe Iptu Zakariah SH, dalam sambutannya Kapolsek Tellu Limpoe mengajak bersama mencari solusi dan meminta kepada masyarakat petani untuk menghindari hal2 yang tidak diinginkan contoh kecil masalah pengaturan Air dan untuk menghindari gangguan, Kamtibmas meminta untuk betul2 menjaga mesin traktornya setelah digunakan karena tidak menutup kemungkinan adanya tangan2 yang  tidak bertanggung jawab".Tuturnya

Arahan serta Rumusan Kepala BPP Tellu Limpoe Mursalim bahwa pada tanggal 12 Oktober ditentukan masa hambur yang diwali pada bulan Oktober dan tabela bulan Nopember ditentukan bulan Oktober dan Nopember yang diperkiraan masa  panen bulan Pebruari sampai maret 2021. 

"Hama yang perlu diwaspadai OPT Tikus, Penggerek Batang, wereng batang coklat ulat grayat, jarak tanam legowo 21. 31 dan 41".Ungkap Mursalim

Pada giat tudang sipulung ditentukan dan disepakati oleh masyarakat Petani Kelompok Tani Massapae masa tanam / turun sawah pada Hari Minggu Tanggal 25 Oktober 2020.

Acara ini dihadiri Camat Tellu Limpoe Andi Mauraga.  S.Ip,Kapolsek Tellu Limpoe Iptu Zakariah. SH,Kepala BPP Tellu Limpoe Mursalim bersama Penyuluh pertanian Kec. Tellu Limpoe Riswan Cewang, Kepala Kelurahan Arateng diwakili oleh Seklur Muh. Jafar. N dan Ketua Kelompok Tani Sappae juga dari Tokoh adat Komunitas Hindu Towani Wa' Malua,Pengamat Hama Kec. Tellu Limpoe dan Ketua Gapoktan Kec. Tellu limpoe Ismail. 

Iccank