Desa Lompulle Berhasil Menangkan Dua Kategori Mengantar Kabupaten Soppeng Peraih Penghargaan STBM Tahun 2020

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Desa Lompulle Berhasil Menangkan Dua Kategori Mengantar Kabupaten Soppeng Peraih Penghargaan STBM Tahun 2020

NEWS POST
Jumat, 13 November 2020

NEWS POST■Sebuah program kementerian kesehatan republik Indonesia dalam upaya untuk merubah perilaku masyarakat yang higienis dan saniter melalui pendekatan STBM Tahun 2020.

STBM adalah pendekatan untuk mengubah perilaku higienis dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat dengan cara pemicuan. Sedangkan Pilar STBM adalah perilaku higienis dan saniter yang digunakan sebagai acuan dalam penyelenggaraan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Desa Lompulle kecamatan Ganra meraih 2 kategori dalam ajang ini, yakni Kades terbaik di Raih Amri,S,Sos Kades Lompulle.

Sementara Natural Leader STBM juga diraih  Desa Lompulle Kab. Soppeng atas nama Nurhayati.
Kedua Kategori Enabling, Demand, Supply ini mengantarkan kabupaten Soppeng peraih penghargaan STBM tahun 2020 bersama 16 kabupaten kota se-Indonesia dengan raihan yang sama.

Amri Kades Lompulle mengatakan, 
bahwa setelah menerima penghargaan dari Kementerian Kesehatan langkah-langkah berikutnya yang akan dilakukan selaku Kepala Desa yaitu meningkatkan taraf hidup sehat masyarakat yang tentunya harus berkelanjutan dan harus masif, tidak boleh berhenti terkait STBM ini. Paparnya. Jumat 13/11/2020.

Sementara Nurhayati sebagai Natural Leader STBM mengatakan
Sebelumnya kami tidak pernah menyangka kalau penghargaan ini bakal kami dapat,  yang kami lakukan dengan adanya inovasi ini adalah bagaimana caranya agar kita bisa mengumpulkan data dan bagaimana kita bisa memotivasi warga agar tetap memperhatikan ke 5 pilar STBM ini. Tuturnya.

Kami berharap kedepannya semoga  yang ada di kampung kami tetap memperhatikan perilaku hidup bersih dan tentunya dapat dilakukan oleh teman-teman  kami baik yang ada di desa lain. Imbuhnya.

Sebelumnya, Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Soppeng, Andi Ibrahim Harta SH.M.Si saat menghadiri Acara Penganugerahan Sanitasi Total Masyarakat (STBM) dan Rakornas STBM ke-  4 yang dilaksanakan di ruang SCC Lamataessso Kantor Bupati Soppeng ini mengatakan, Saya berharap  agar penghargaan yang telah diterima ini, kedepannya bisa dilanjutkan seterusnya dan ditingkatkan, karena ada lima pilar yang harus kita capai, dan untuk  pilar pertama kita sudah mencapai 100 %. Kemudian pilar kedua, yaitu cuci tangan memakai sabun, mengingat adanya wabah pandemi ini sehingga diharapkan agar disetiap perkantoran dan di tempat-tempat umum menyiapkan sarana cuci tangan memakai sabun. Pilar Ketiga yaitu pengolahan makanan dan minuman rumah tangga.  Pilar keempat yaitu pengolahan sampah rumah tangga.  Dan Pilar yang kelima yaitu pengolahan limbah cair rumah tangga. Paparnya.

Hal tersebut kita harus  terus dilakukan secara berkelanjutan, Alhamdulillah Soppeng sudah mencapai rata-rata di atas 90% cakupannya. Beber Andi Ibrahim Harta Sanjaya.

Dengan demikian kami berharap kepada seluruh desa lainnya yang ada di Kab. Soppeng untuk menjadikan Desa Lompulle sebagai percontohan. Imbuh Andi Ibrahim.

Sementara Kadis Kesehatan Kabupaten Soppeng Sallang,SKM, M.Kes yang juga hadir dalam 
acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan RI secara Virtual melalui aplikasi Zoom, dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke 56 Tahun 2020 ini mengatakan bahwa, 1 di antara 16 Kabupaten yang menerima Penghargaan Kategori Enabling, Demand, Supply, maka Kabupaten Soppeng termasuk sebagai penerima penghargaan STBM 2020. 

Hal ini dapat terjadi karena inisiasi Bupati dalam menggerakkan seluruh komponen masyarakat sehingga kita bisa mendapat penghargaan ini. Pungkasnya.

Iccank