Tingkatkan Kinerja di Era Digitalisasi Ini,Bawaslu Provinsi Adakan Rakor dan Penguatan Pengelolaan Website

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Tingkatkan Kinerja di Era Digitalisasi Ini,Bawaslu Provinsi Adakan Rakor dan Penguatan Pengelolaan Website

NEWS POST
Selasa, 10 November 2020

NEWS POST■  Koordinator Sekretariat Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Sidenreng Rappang  Edy Irwanto Malik, S. TP beserta Staf Humas Menghadiri Kegiatan Rapat Koordinasi & Penguatan Kapasitas Pengelolaan Website  bagi Bawaslu Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan yang digelar oleh Bawaslu Provinsi Sul-sel di Hotel Aryaduta Makassar,  Senin (9/11/2020).

Kegiatan Rapat Koordinasi & Penguatan Kapasitas pengelolaan Website bagi Bawaslu Kab.Kota se Sulawesi Selatan ini membahas mengenai sejauh mana progress website yang ada di kabupaten/kota selama setahun terakhir.

Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan, H.L Arumahi dalam sambutannya mengatakan ” salah satu cara untuk memantau dan melihat aktifitas Bawaslu adalah dengan melihat kegiatan-kegiatan Bawaslu Kab/Kota yang ada diwebsite”,ujar beliau.
“Di era teknologi ini sangat penting dalam mengelolah data sebagai bentuk pengoptimalkan data di website serta tata kelola yang baik agar mudah diakses ,” kata Bapak Drs.Saiful Jihad .M.Ag pada sambutannya melalui video conference.

Pada kegiatan ini Bapak Kepala Sekretariat Dr.Jalaluddin, S.Pd, M.Pd meberikan pertanyaan kepada tiap perwakilan Kab/Kota perihal sejauh mana progress website maupun kehumasan yang ada di Kab/Kota .Hal ini bertujuan untuk memantau ke bawaslu kab/kota di daerah agar kehumasan bisa berjalan dengan baik. 

Hadir sebagai narasumber, Kepala Subbagian (Kasubag) Data dan Informasi (Datin) Bawaslu RI M Agus Saifuddin.

Kasubag Datin Bawaslu RI M Agus mengatakan bahwa pengetahuan dalam bidang pengelolaan website merupakan modal dasar bagi setiap admin website untuk dapat mengelola suatu situs dengan baik.
Dalam pemaparannya, Ia menjelaskan secara detail dalam pengelolaan website Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota, bahkan dengan kaitannya dengan Bawaslu RI.

Bawaslu kata Agus, menggunakan cPanel sebagai control panel hosting. cPanel adalah panel kontrol yang digunakan untuk melakukan pengaturan pada layanan web hosting yang meliputi manajemen file, database, domain, security, software dan konfigurasi lainnya.

"Tanpa cPanel, pengaturan web hosting hanya bisa dilakukan melalui perintah teks. cPanel memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai macam konfigurasi melalui tampilan user interface yang menarik dan mudah dioperasikan,” tutur Agus.

Dengan menggunakan cPanel, Agus mengatakan hal ini dapat mempermudah pengelolaan file website, mempermudah pengelolaan domain, mempermudah pengaturan dan manajemen email, mempermudah pengaturan website (SEO), mempermudah pengelolaan database, mempermudah konfigurasi modul PHP yang digunakan, mempermudah pengaturan keamanan pada hosting, mempermudah proses backup dan restore website.

Dalam paparannya, Agus juga mengingatkan pentingnya membekali diri dengan pengetahuan terkait keamanan website. 

"Langkah-langkahnya, perlu menggunakan HTTPS, pastikan membuat password yang lebih kuat, install security plugin, memperbarui platform dan software, serta backup otomatis website,” jelasnya.

“Kalau pada akhirnya website terkena serangan hacker, backup otomatis website bisa jadi penyelamatnya. Dengan memiliki backup, setidaknya kita dapat memulihkan website dengan lebih mudah,” tambahnya.

Ia berharap seluruh staf baik tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota hingga Bawaslu RI dapat saling berkoordinasi terkait pengelolaan website Bawaslu. 

"Yang pasti kita terus bekerja semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan terbaik bagi internal Bawaslu juga bagi eksternal bawaslu dalam hal ini masyarakat sebagai pengakses layanan informasi," kata M Agus Saifuddin.

Sementara itu narasumber dari Bawaslu RI kasubag Datin didalam materinya mengatakan bahwa pentingnya seorang staf Humas memiliki jiwa jurnalis dan menekankan betapa pentingnya pengelolaan website yang baik agar berita maupun kegiatan bisa terekspose lewat media tersebut.

Kegiatan ini berlangsung selama sehari yg dimulai pukul 10.00 wita s.d selesai dan ditutup dengan foto bersama dengan peserta.

Iccank