-->

Iklan

Bank Sampah Kreneng Berseri Lakukan Gotong Royong Pilah Sampah

NewsPost
Senin, 30 Januari 2023, 00:24 WIB Last Updated 2023-01-29T17:24:25Z

NEWS POST | BALI — Bank sampah memiliki banyak manfaat bagi lingkungan dan masyarakat. Adanya bank sampah semakin mempermudah dalam mengatasi dan menyalurkan sampah ke pihak yang tepat. Sistem perbankan yang sudah dikenal oleh masyarakat dapat meningkatkan ketertarikan dan kesadaran untuk mengelola sampah dengan cara yang tidak biasa. 

Tak terkecuali peran bank sampah di Desa Dangin Puri Kangin Kecamatan Denpasar Utara tepatnya di bank sampah Kreneng Berseri yang berlokasi di Br. Kreneng. 

Pada minggu (29/1) kegiatan bank sampah di Br. Kreneng sedang melaksanakan pemilahan dan penimbangan dari pengepul sampah yang bersumber di lingkungan masyarakat. 
Perbekel Desa Dangin Puri Kangin,  I Wayan Sulatra menyampaikan bahwa kegiatan bank sampah di Br. Kreneng telah berlangsung setiap bulan dalam pengumpulan sampah. 
"Warga datang ke banjar dengan membawa hasil pengumpulan sampah an organik di lingkungan rumahnya dan nanti petugas bank sampah akan mencatat berapa jumlah  sampah yang disetorkan di bank sampah," ujarnya. 

Lebih lanjut disampaikan bahwa setelah di bentuknya bank sampah ini masyarakat di lingkungan Br. Kreneng sangat antusius untuk membawa sampah yg sudah di pilah dan bisa di jual di bank sampah. 

Disamping itu Desa Dangin Puri Kangin yang mewilayahi 7 banjar, semuanya telah memiliki bank sampah. Setiap bulan 7 lokasi bank sampah ini melaksanakan giat bank sampah. 

"Dengan terbentuknya bank sampah ini sebagai salah satu tujuan untuk bagaimana masyarakat bisa memilah sampah dari rumah tangga terutama sampah organik maupun anorganik.

Pihaknya berharap dapat mengurangi pembuangan sampah di TPS maupun TPA. Selain dapat mengurangi timbulan sampah di lingkungan, peran bank sampah bagi masyarakat memberikan keuntungan berupa peningkatan pendapatan dan kesehatan atas bantuan serta manfaat yang diberikan. Oleh karena bank sampah membuat sampah menjadi bernilai ekonomi.
Komentar

Tampilkan

Terkini