-->

Iklan

Kasus Gigitan Anjing Meningkat, Pemkab Karangasem Vaksinasi Rabies Sasar 17 Wilayah

NewsPost
Minggu, 05 Maret 2023, 04:26 WIB Last Updated 2023-07-05T15:51:25Z

NEWS POST | KARANGASEM — Kasus gigitan anjing di Wilayah Kabupaten Karangasem terus bertambah. Dari informasi yang dihimpun media ini, terdapat puluhan warga yang telah menjadi korban gigitan anjing, sebagian anjing bahkan dinyatakan positif rabies.

Seperti di wilayah Desa Bungaya Kecamatan Bebandem, Karangasem salah satu warga yang tengah beristirahat usai bekerja diladang tiba-tiba di gigit oleh anjing milik tetangganya. "Saya mau duduk, tiba-tiba saja ada anjing yang datang dan menggigit paha bagian dalam saya, saya tidak tau apakah anjing tersebut rabies atau tidak, tapi saya lihat ekornya turun dan anjing itu tidak banyak mengeluarkan suara (menggonggong)," kata I Ketut Kerti, warga yang menjadi korban gigitan anjing.

Begitu usai di gigit, Ketut Kerti langsung dibawa ke UGD RSUD Karangasem untuk mendapat penanganan. Setelah diobservasi, pihaknya dipersilahkan untuk pulang dan dirujuk di Puskesmas setempat untuk mendapat vaksinasi rabies, demi mencegah hal yang tidak diinginkan. 

"Ya, hari ini saya sudah mendapat vaksin rabies jenis Verorab," sambungnya, Rabu (1/3/2023).

Dari informasi yang didapat, anjing tersebut sudah menggigit hingga 5 orang. Namun sampai saat ini, anjing tersebut masih dalam pantauan.

Sementara, pada Jumat (3/3/2023) salah seorang warga yang bekerja di sebuah rumah pembuatan roti di Desa Seraya juga mengaku terkena gigitan anjing yang positif rabies dan sudah mendapat vaksinasi.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Karangasem I Nyoman Siki Ngurah mengaku akan segera melakukan tindakan. "Ya kami sudah koordinasikan, terkait hal ini. Kami dari Dinas bekerjasama dengan Dinas Peternakan Provinsi akan mengadakan vaksinasi serentak pada Senin (6/3/2023) mendatang dengan menyasar ke 17 wilayah di Kabupaten Karangasem," tandasnya ketika dikonfirmasi pada Sabtu (4/3/2023).

"Kami akan mengajak sebanyak 50 petugas yang diantaranya juga terdapat dokter hewan untuk turun kelapangan," katanya. Selain memberikan imbauan pihaknya mengatakan juga akan melaksanakan vaksinasi rabies untuk anjing, menyasar pada sekitar lebih dari 13.000 anjing.

"Vaksin ini kami dapat sekitar 15.000, namun tidak semua kami keluarkan, biar ada stok," lanjutnya.

Untuk mencegah meluasnya penyakit rabies, Siki Ngurah berharap agar masyarakat secara sadar membawa anjing, kucing ataupun kera peliharaannya agar segera mendapatkan vaksinasi. (Ami)

Komentar

Tampilkan

Terkini