-->

Iklan

Demi Kelancaran Tugas, 100 Personel Brimob Jalani Rikkes Berkala

NewsPost
Rabu, 04 Oktober 2023, 19:12 WIB Last Updated 2023-10-04T12:12:46Z

BONE,Sukses

Newspost.my.id |           -- Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel menggelar pemeriksaan kesehatan berkala (Rikkesla), di aula serbaguna Mako Batalyon C Pelopor jalan M.H. Thamrin No. 70, Kelurahan Ta, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone, Rabu (4/10/2023).

Kegiatan ini sebagai upaya pemetaan kondisi kesehatan personel Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel.

Kaur Kesmapta Biddokkes Polda Sulsel dr. Frezzy S Samuel selaku Ketua tim pemeriksa mengatakan, Rikkesla sebagai langkah pemetaan kondisi kesehatan personel Brimob Bone dan upaya deteksi dini penanganan penyakit berisiko bagi anggota.

"Hari ini, Kami dari Ur Kesmapta Bid Dokkes Polda Sulsel menggelar pemeriksaan berkala bagi personel Brimob Bone dengan kuota 100 personel, diharapkan melalui kegiatan ini kami dapat mengontrol kesehatan anggota Brimob Bone dan apabila ditemukan penyakit berisiko pada anggota dapat kami follow up demi menjamin kesehatan personel," ujar dr Frezzy.

Sementara itu, Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan, S.Sos.,M.Si. ditemui awak media di sela-sela pemeriksaan menuturkan, kegiatan ini sangat penting bagi personel untuk mendukung pelaksanaan tugas.


"Sesuai kuota yang diberikan Biddokkes Polda Sulsel, hari ini, 100 personel kami menjalani Rikkes berkala, harapannya seluruh anggota dinyatakan sehat sehingga tidak ada kendala dalam pelaksanaan tugas kedepan khususnya tugas pengamanan Pemilu Serentak 2024," kata Danyon Ichsan.

Lanjut kata Danyon bergelar Magister Sains, Rikkesla ini merupakan deteksi dini terhadap kesehatan anggota, mana kala ditemukan penyakit pada anggota maka dapat segera diantipasi dengan berobat sehingga dapat segera sembuh dan dapat kembali melaksanakan tugas.

Pada pemeriksaan kesehatan berkala yang rutin digelar setiap tahun. Personel akan melalui sejumlah tahapan pemeriksaan dimulai dari registrasi.

Setelah melakukan registrasi, selanjutnya personel melakukan observasi tanda vital seperti pemeriksaan tekanan darah, denyut nadi dan kesehatan fisik bagian luar.

Tahap selanjutnya adalah pengambilan sampel darah personel untuk pemeriksaan laboratorium guna memeriksa parameter kesehatan.

Tidak hanya pemeriksaan darah dan observasi tanda vital, dalam Rikkes ini juga dilakukan pemeriksaan (EKG) Elekrokardiogram untuk mendeteksi masalah pada jantung.

Rangkaian pemeriksaan ditutup dengan pemeriksaan foto Thorax atau rontgen untuk memeriksa kondisi paru-paru personel.

Demi menjamin pemeriksaan kesehatan berjalan secara komprehensif dan profesional, Rikkes berkala personel Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel ditangani langsung oleh tenaga medis Biddokkes Polda Sulsel yang berkolaborasi dengan Laboratorium Klinik Kimia Farma.

Hal ini bertujuan demi memastikan personel Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel mendapatkan pemeriksaan kesehatan yang berkualitas. (***)
Komentar

Tampilkan

Terkini